Minggu, 11 November 2012

Cara yang Dilakukan untuk Seminar Proposal Pendidikan Kimia FMIPA UNP


Langkah-langkah yang dilakukan untuk seminar proposal bagi mahasiswa pendidikan kimia di FMIPA UNP.
1.       ACC proposal
Hal pertama adalah Proposal anda telah di acc oleh kedua pembimbing anda, dengan melakukan beberapa kali bimbingan sampai dinyatakan telah cukup dan siap untuk diseminarkan. Hasil disini mendapatkan tanda tangan telah di ACC pada cover proposal anda.
2.       Menentukan hari
Menentukan hari yang tepat bersama kedua pembimbing.
Misal: hasil dari yang kita ingin kan kamis tgl .... jam 8. Lalu kita hubungkan kedua dosen pembimbing, “bk/pak saya rencana ingin seminar hari kamis tgl... jam 8. Apakah bisa pak..?
3.       Melapor kepada ketua prodi.
Setelah kedua pembimbingng setuju, dilanjutkan melapor kepada ketua prodi. Disana tidak ada syarat yang terlalu dipersiapkan, kecuali daftar dosen yang mengajar dan tidak mengajar pada hari kamis tgl... jam 8-10. Disini akan diberikan nama-nama dosen yang akan dijadikan pembahas (penguji) proposal anda.
4.       Meminta tanda tangan ketersediaan.
Setelah melapor ke ketua prodi. Kita meminta tanda tangan kepada dosen yang disarankan menjadi pembahas. Disini dosen yang bersedia minta tanda tangan dan yang tidak bersedia juga diminta tanda  tangannya.
Jika terdapat dosen yang tidak bersedia, maka kita akan melaporkan kembali kepada ketua prodi ( kembali kelangkah ke-3).
5.       Mendaftarkan untuk seminar proposal.
Setelah semua dosen pembimbing dan dosen penguji bersedia dan menanda tangani (surat ketersediaan), maka lanjut untuk mendaftar kepadda ketua prodi. Disini kita melampirkan beberapa berkas, yaitu:
1)      KRS dan LHS terakhir , dimana telah ditanda tangani dosen pembimbing akademik (PA anda) (1 lembar)
2)      Copy-an Cover Proposal yang telah di ACC  (1 lembar)
3)      Copy-an KTM (1 lembar)
4)      Ringkasan proposal yang telah ditanda tangani oleh kedua pembimbing. (jangan lupa di copy terlebih dahulu untuk dibagikan kepada mahasiswa) (1 lembar)
5)      Copy-an Kartu seminar , yang telah ditanda tangani min.7 tanda tangan. (1 lembar)
6)      Surat jadwal semina, yang ditanda tangani oleh ketua prodi.
6.       Membuat surat undangan
Surat perintah pembuatan surat undangan oleh orang tata usaha, didapatkan setelah tahap 5 selesai. Disini akan didapatkan 2 rangkap surat. Surat undangan harus ditekan terlebih dahulu oleh ketua prodi, baru ketua jurusan. Setelah itu 1 surat yang telah ditekan dan tanda tangan ketua prodi dan ketua jurusan akan di berikan kepada orang tata usaha tadi. Sedang yang satu lembar lagi dirangkapkan minimal 6 rangkap, sebagai surat undangan. 


Semangat rekan-rekan dalam menguber-uber dosen. Pokoknya tabah, rendah hati dan selalu berusaha.

1 komentar: